Rabu, 17 September 2014

Kuliner dan Ciri Khas Gresik

Kuliner dan Ciri Khas Gresik

Kali ini saya akan cerita sedikit tentang makanan khas kota yang terkenal di kalangan masyarakat biasa di sebut kota santri, kota industri, kota bandeng dan kota warung kopi yaitu kota Gresik. Berikut macam makanan dan penjelasannya:

1. Nasi Krawu 


Nasi Krawu, barangkali masakan ini belum terlalu ngetrend di telingan anda, tapi bagi pecinta makanan khas daerah tentunya mengenal Nasi Krawu ini. Nasi krawu merupakan makanan khas dari Gresik, Jawa Timur. Nasi krawu yang merupakan makanan khas daerah tentu saja mempunyai tanda atau ciri-ciri, cirinya adalah nasinya yang pulen. dan disajikan dengan daun pisang. Launknya dapat berupa sayatan daging sapi, semur daging, jeroan sapi, sambal terasi dan serundeng. 




2. Jubung 


Jubung adalah jajanan mirip terbuat dari ketan hitam yang ditaburi wijen. Biasanya jubung ditempatkan dalam jubung atau selongsong warna putih kecoklatan yang terbuat dari kulit pohon pinang.







3. Sego Rumo 


Sego Rumo ini terdiri dari nasi putih yang diletakkan dalam pincuk daun pisang dan ditambahkan dengan campuran daun singkong dan daun api-api rebus serta remahan krupuk atau rempeyek yang kemudian disiram dengan kuah kental serta ditaburi serundeng. Kuah kental ini bentuknya hampir menyerupai bubur sumsum namun berwarna merah dan rasanya gurih.




4. Otak Otak Bandeng 


Makanan dari terbuat dari ikan bandeng yang dipisahkan antara kulit dan daging, lalu dagingnya dihaluskan. Setelah itu daging bandeng diberi bumbu2 halus yang sudah disiapkan, lalu dimasukkan lagi dalam badan ikan. Selanjutknya ikan dikukus hingga matang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar